Langsung ke konten utama

Indahnya Hidup Bersama Al-Quran



Cahaya Al-Quran
Saudaraku, kita juga akan merasakan keindahan dan kebahagiaan manakala kita dapat menghafal Al Qur`an, minimal menghafal 1 atau 2 juz . Seharusnya kita dapat mengambil pelajaran disaat banyak diantara kita menyibukkan diri dengan mendengarkan lagu jahiliyah, atau bahkan nasyid sekalipun melalui HP atau komputer.
Tanpa disadari kita pun akan hafal dengan lagu atau nasyid tersebut. Kenapa kitatidak mencoba mengalihkannya untuk Al Qur`an ? Sehingga manakala kitadapat membiasakan mendengar juz 30 saja, maka kita atau anak-anak kita pastiakan diberikan kemudahan untuk menghafal minimal 1 juz (juz 30). Sehingga tidakada alasan bagi kita akan sulitnya menghafal.
Sudah banyak bukti akanmudahnya menghafal Al Qur`an, semuanya tergantung bagaimana dengan usaha lahirbatin kita. Bertanyalah kepada orang yang sudah sukses menghafal, janganbertanya kepada orang yang hanya sekedar pernah menghafal Al Qur`an namun belumberhasil. Kesalahan kita adalah konsultasi atau bertukar pengalaman kepadaorang yang belum berhasil, maka perasaan yang timbul adalah menghafal ituSULIT. Qiyaskanlah ketika anda ingin sukses berdagang, sementara andakonsultasi kepada orang yang sering gulung tikar, apa kira-kira jawaban dia? Tentu kita dapat juga memastikan jawabannya. Maka jika anda ingin suksesberdagang, bertanyalah kepada yang sudah berhasil. Pasti dia pun akan menjawab; bahwasanya kesuksesan membutuhkan perjuangan ( Mujahadah).
Ketahuilah bahwa orang yangbanyak hafalan Al Qur`annya, akan mendapat tempat yang terhormat di sisi AllohSWT, begitu pula orangtua yang mampu mengantarkan anaknya sampai sang anakmampu menghafal Al Qur`an, orangtuanya pun akan mendapat penghormatan dariAlloh SWT.
Rosululloh SAW bersabda :
Dikatakan kepadaShahibul Qur`an, Bacalah dan naiklah ke tingkat-tingkat surga dan bacalahdengan perlahan seperti engkau membaca perlahan-lahan di dunia! Sesungguhnyakedudukanmu berada pada akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Abu Dawud danTurmudzi)
“Barangsiapamembaca Al Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka akan dipakaikanmahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari, dankedua orang tuanya dipakaikan jubah kemuliaan yang tidak pernah didapatkan didunia. Keduanya bertanya: Karena apa kami dipakaikan jubah ini” Maka dijawab,“Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Qur`an.”(Diriwayatkanoleh Ahmad dan Al Hakim dan ia menilainya sahih berdasarkan syarat Muslim
Dengan membiasakan membaca dan menghafal Al Qur`an,disertai membaca terjemahannya banyak hal yang kita dapatkan,diantaranya :
1.     Otak selaludiasah, sehingga dapat menambah kecerdasan dan tidak mudah pikun
2.     Menjadi obatpenenang hati dan sebagai Ruqyah mandiri
3.     Syi’ar islam akanlebih nampak di mana-mana.
4.     Memudahkan untukmempelajari Al Qur`an lebih mendalam.
5.     Sarana memakmurkanMasjid dan dakwah di masyarakat
6.     Mengisi waktu kitadengan ibadah yang mudah dan berkualitas
7.     Sarana untukmeningkatkan kedekatan kepada Alloh
8.     Mengangkat derajatorangtua di dunia dan di akhirat
9.     Kemuliaan dankeaslian Al Qur`an akan senantiasa terjaga
10.  Bekal untuk mendapatkan Syafa’at di hari Kiamat
Maka jangan lewatkan kesempatan untuk bisa bergabung denganlembaga-lembaga Al Qur`an yang kini sudah banyak bisa kita temui,  baik dekat ataupun jauh dari tempat tinggalkita. Semuanya tergantung niat. Jika anda merasa malu untuk belajar karenafaktor usia, maka hal  itu bukan alasan.Karena seorang murid berusia 50 tahun dengan gigihnya selama 3 tahun akhirnyabeliau mampu menyesaikan program tahsin dan menghafal Al Qur`an sebanyak 3juz..Subhanalloh..Beliau membiasakan membaca dan menghafal setiap harisebelum berangkat kerja di kantornya. Jika anda merasa sudah cukup dengankemampuan yang anda miliki atau merasa sudah mampu membaca Al Qur`an denganbenar, maka itupun bukan alasan yang tepat. Banyak guru TPA, para guru ngaji,bahkan sudah punya banyak hafalan, ketika bergabung dengan programTahsin-Tahfizh mereka akhirnya menyadari bahwasanya bacaan yang ia milikiternyata masih banyak kesalahan. Semoga Alloh mengampuni atas kelalaiannyaselama ini. Bergabunglah dengan lembaga-lembaga Al Qur`an supaya anda punnantinya mampu memasyarakatkan Al Qur`an dan meng Qur`ankan Masyarakat, InsyaAlloh,Amin.
Merupakan ciri orang yang hatinya bersih ialah orang yangselalu haus dengan Al Qur`an ; dia selalu ingin membacanya, ingin selalumempelajarinya dan ingin selalu mentadabburinya.
SayyidinaUtsman bin Affan ra. berkata:لََوْ طَهُرَتِ الْقُلُوْبُ لمَاَ شَبِعَتْ مِنَالْقُرْآنِ.
“Andaikata hati itu suci,niscaya  tidak akan pernah kenyang (puas)dengan Al Qur’an.”
dari Ust.H.Ahmad Muzzammil MF,Al Hafizh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kawan

Tahun demi tahun terlewati... tanpa terasa... usia kita tak lagi muda apa yang telah mampu kita berikan untuk negeri ini ?? kita adalah satu......... sebagai pondasi bangsa ini sebagai rakyat, mahasiswa tauladan bagi titipan sang khaliq kelak sebagai anggota organisasi dan warga negeri ini........... sebagai mahasiswa..... merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan sebagai sarjana............ bagi penerus perkembangan negara ini suci dalam pikiran, setia dalam pengabdian ikhlas dalam menjalankan tugas dan kewajiban berani dan bertanggung jawab itulah watak yang harus kita tanam majulah kawan-kawanku........ raih keberhasilan, ukir preatasi jarak bukan suatu hambatan jadilah itu sebuah motivasi tuk maju kedepan Jadilah masyarakat berdikari......... mandiri dan matang secara nurani terbentengi empati dan simpati Jayalah Kawan-Kawanku....

Revolusi Hati....

Banyak dalam hidup ini yg mungkin bisa membahagiakan mu, namun tadak ada yg lebih bahagia dari pada mendapatkan cinta dari seseorang yg kamu cintai. seseorang hidupnya dengan sebuah nyawa, dengan sebuah jiwa dan raga tak terkecuali kau dan aku, maka percayalah kau akan akan tetap hidup dengan sempurna meski tanpa dirinya Bersedih dan mengenang masa lalumu yang pahit takkan membuat masa depanmu menjadi cerah, lupakan masa masa itu dan masa depan yang indah ada di depanmu Masa yang sudah berlalu memang menyimpan banyak kenangan, namun itu bukanlah alasan untuk tak terus melangkah ke depan. Jika kita terlalu memikirkan manisnya masa lalu hingga menutup diri saat ini. Lupakanlah mereka dan temukan bahagiamu. Kita tak bisa mencegah atau menghapus sebuah perasaan, Kita hanya bisa mengendalikan nya, atau kita yang di kendalikan olehnya. Jangan terburu buru dalam urusan cinta. Lebih baik menanti seseorang yang tepat bagi dirimu selamanya daripada hanya untuk sesaat. Jika dia mem

Seorang Ibu Negara Pertama Indonesia Ibu Fatmawati Soekarno

Seindah mawar semungil melati Dikau cemerlang wanita Semerbak wangi sejinak merpati Dikau senandung di cita Gerak gayamu ringan Memikat hati muda taruna Mekar bersinar menyilaukan mata hatiku Halus wanita bak sutra dewangga Senyummu meruntuhkan mahkota jiwaku Gerak gayamu ringan Memikat hati muda taruna Mekar bersinar menyilaukan mata hatiku Halus wanita bak sutra dewangga Senyummu meruntuhkan mahkota kehidupanku Gerak gayamu ringan Memikat hati muda taruna Mekar bersinar menyilaukan mata hatiku Halus wanita bak sutra dewangga Senyummu meruntuhkan mahkota jiwaku Senyummu meruntuhkan mahkota kehidupanku (Ost. Film Soekarno Penyayi Afgan)